News

Taiwan Siaga Balasan China Soal Lawatan Pelosi

 Kamis, 04 Agustus 2022, 18:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Taiwan Siaga Balasan China Soal Lawatan Pelosi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Taiwan menegaskan pasukannya bersiaga tingkat tinggi memantau dengan cermat latihan militer besar-besaran China yang mengepung wilayahnya itu mulai hari ini, Kamis (4/8). Pemerintahan Presiden Tsai Ing Wen menegaskan Taiwan siap jika harus berkonflik tanpa bermaksud menyulut api perang.

"Kementerian Pertahanan Nasional menekankan bahwa kami akan menjunjung tinggi prinsip mempersiapkan perang tanpa mencari perang, dan dengan sikap tidak meningkatkan konflik dan menyebabkan perselisihan," kata Kementerian Pertahanan Taiwan melalui sebuah pernyataan seperti dikutip AFP.

Latihan militer besar-besaran China ini berlangsung sebagai respons Beijing yang marah gegara Ketua Dewan Perwakilan (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ngotot berkunjung ke Taiwan. Menurut China, lawatan Pelosi melanggar prinsip Satu China dan dapat memberi sinyal yang salah kepada Taiwan yang kekeh ingin merdeka.

Sementara itu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menegaskan negaranya "tidak akan mundur" dengan gertakan China yang marah dan bertekad membalas lawatan Pelosi dengan latihan militer.

"Menghadapi ancaman militer yang sengaja ditingkatkan, Taiwan tidak akan mundur. Kami akan ... terus mempertahankan garis pertahanan untuk demokrasi," kata Tsai saat menyambut Pelosi di Taipei pada Rabu (3/8).

Di hari yang sama dengan lawatan Pelosi, China segera mengumumkan latihan militer besar-besaran termasuk simulasi tempur dan tembak-menembak di enam titik mengelilingi Taiwan. Latihan itu akan berlangsung 4-7 Agustus.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.