News

Tabanan Rancang Perda Penyandang Disabilitas

 Selasa, 07 Desember 2021, 23:15 WITA

beritabali/ist/Tabanan Rancang Perda Penyandang Disabilitas.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tabanan tengah menyiapkan Ranperda tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak penyandang Disabilitas

Perda ini disiapkan untuk payung hukum yang jelas agar bisa melindungi dan memenuhi hak penyandang disabilitas. 

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tabanan I Nyoman Gede Gunawan mengatakan, untuk Ranperda ini memang masih berkutat di internal, dimana pada Jumat (10/12) baru akan diseminarkan untuk mendapatkan masukan.

“UU tentang disabilitas sudah ada, dan Perda yang tengah kami rancang ini untuk lebih menguatkan saja. Kalau sudah rancangan final baru diajukan ke bagian hukum untuk selanjutnya maju ke Dewan, jadi masih jauh prosesnya,” ujarnya, Selasa (7/12).

Lanjut kata Gunawan, Ranperda tentang Perlindungan & Pemenuhan Hak penyandang Disabilitas memang dibuat melihat kerap masih ada hak-hak mereka yang seringkali diabaikan. Disamping juga menginginkan agar bagaimana di bidang pekerjaan termasuk aksesibilitas mereka bisa terpenuhi. 

“Misalnya saja, ketika mereka ini memiliki usaha juga bisa mengakses program pemerintah, termasuk mempekerjakan mereka menjadi ASN. Karena menurut UU memang ada kuota 2 persen, hanya dalam penerapannya kadang-kadang belum kearah sana, meski kuota dari Pusat,” ujarnya. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending