News

Setiap 2 Hari, 1 Orang Bunuh Diri

 Kamis, 03 November 2016, 15:53 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Hasil Kajian Suryani Institute menunjukkan secara rata-rata dalam dua hari di Bali terdapat satu kasus bunuh diri. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Suryani Institute Cokorda Bagus Jaya Lesmana, ketika ditemui beritabali.com di Renon (20/12).

Berdasarkan catatan Suryani Institute selama tahun 2008 tercatat sekitar 150 kasus bunuh diri terjadi di Bali. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 145 kasus.

Sekretaris Suryani Institute Cokorde Bagus Jaya Lesmana menyampaikan dari kasus-kasus bunuh diri yang terjadi sebagian besar melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri, menegak racun dan memotong urat nadi darah di tangan. Sedangkan dari segi penyebab lebih dominant akibat gangguan kejiwaan.

Faktor ganguan jiwa yang tidak tertangani itu yang menyebabkan mereka mengambil keputusan melakukan bunuh diri. Yang kemudian baru akibat factor hubungan interpersonal, baik hubungan dengan pacar, atau orang tua, dan kemudian factor gangguan fisik yang tidak sembuh-sembuh,papar Cokorde Bagus Jaya Lesmana.

Jaya Lesmana menyebutkan jika dilihat dari kategori umum, sebagian besar pelaku bunuh diri masuk dalam kategori umur produktif. Sedangkan jika dilihat dari jenis kelamin kasus bunuh diri lebih banyak dilakukan oleh pria dibandingkan wanita. 

Penulis : bbn/mul

Editor : Tantri






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending