News

Sebanyak 68 Keris Tua Dipamerkan di Museum Semarajaya

 Minggu, 28 April 2019, 06:45 WITA

Beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Beritabali.com, Klungkung. Sebanyak 68 keris tua dipamerkan di di Museum Semarajaya, Klungkung serangkaian Festival Semarapura ke-4 tahun 2019.

[pilihan-redaksi]
Selain 68 keris tua juga terdapat 32 keris Kamardikan (Baru) yang dipamerkan bertepatan dengan hari Puputan Klungkung ke 111 pada Minggu (28/4).

Dalam pameran tersebut, terdapat  dua (2) keris yang spesial. Pertama yakni sebuah keris milik AA. Ngurah Puspayoga. Keris dengan bentuk Angon Angon Adikara dengan Pamor Keleng (Wulung). Kurator pameran Bakrin mengatakan, keris ini merupakan salah satu keris Bali tua yang dibuat pada tahun 1800an. 

Kedua yakni keris Kamardikan dengan bentuk Kala Wisesa Leser. Keris dengan Pamor bermotif Kulit semangka ini dibuat pada tahun 2005 yang merupakan milik Tjokorda Surya dan dibuat oleh mpu KRT Rudi Hartono Diningrat.

[pilihan-redaksi2]
Keris ini merupakan Panakin (mutrani) atau duplikat dari keris Pajenengan Puri Agung Klungkung milik Ida Dewa Agung Gde Oka Geg. 

Sekarang keris tersebut dirawat oleh Tjokorda Surya ,putra dari alm. Tjokorda Anom Putra, Bupati pertama Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan aset berupa seni dan budaya harus dipromosikan dengan baik. Moment festival adalah saat tepat untuk mempromosikan aset seni san budaya klungkung.  

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Nyoman Mudarta mengatakan, pameran keris ini merupakan rangkaian dari acara atraksi budaya Museum Semarajaya yang baru pertama kali diselenggarakan.

Selain pameran keris, digelar pula pameran kuliner dan minuman tradisional, permainan rakyat, demo tenun cagcag serta kesenian baris jangkang. [bbn/HumasKlungkung/mul]

Penulis : Humas Klungkung







Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending