News

Sapi Terbaik di Gianyar Terima Hadiah Rp25 Juta

 Kamis, 06 April 2023, 02:31 WITA

beritabali/ist/Sapi Terbaik di Gianyar Terima Hadiah Rp25 Juta.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Pemerintah Gianyar mencari sapi terbaik dari peternak yang ada di Gianyar. Pencarian sapi itu lewat lomba serangkaian HUT Kota Gianyar yang ke-252. 

Dari dinas terkait, mengumpulkan 14 sapi terbaik yang ada di seluruh kecamatan di Gianyar. Sapi terbaik kemudian dikumpulkan di lahan eks Hardys. Hal tersebut sudah melalui seleksi oleh panitia dari Litbang Sapi Bali. 

“Lomba ini dilakukan guna meningkatkan populasi, produksi bibit sapi Bali yang unggul serta pelestarian sapi khas Bali,” ujar Bupati Gianyar, I Made Mahayastra. 

Lomba digelar untuk memotivasi peternak untuk meningkatkan kualitas ternaknya dan mencari bibit unggul sapi khas Bali. 

“Dari pilihan-pilihan yang telah tampil pada hari ini, nanti salah satunya akan menjadi bibit yang akan kita kembangkan dengan proses akademis oleh para ahli. Kalau saat nanti kita bisa mandiri, kita akan lakukan di Gianyar namun sekarang kita mencoba untuk menyuplai bibitnya dulu,” lanjutnya.

Ketua Panitia Lomba Sapi, Ni Putu Sarini menjelaskan, kriteria penilaian lomba sapi jantan bibit yaitu, memiliki kondisi sehat yang bebas dari penyakit hewan menular. Lalu tidak memiliki cacat fisik dan genetis dan memiliki organ reproduksi yang baik serta memiliki ciri fisik sapi Bali yang memenuhi syarat kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan standar. 

Kemudian, sapi juara pertama dengan nilai 281.79 diraih oleh sapi milik I Wayan Merta berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp25 Juta.

Juara kedua dengan nilai 280.33 diraih oleh sapi milik I Wayan Terima memperoleh Rp20 juta dan juara ketiga dengan nilai 276.3 diraih oleh Ketut Suastika memperoleh uang pembinaan sebesar Rp15 juta serta juara harapan yang dipilih oleh para pengunjung memperoleh Rp15 juta.

Penulis : bbn/gnr

Editor : Robby






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending