News

Rusuh Kecewa Sidang Ditunda, Belasan Napi Kabur

 Rabu, 02 Februari 2022, 09:55 WITA

beritabali/ist/Rusuh Kecewa Sidang Ditunda, Belasan Napi Kabur.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Sebanyak 19 narapidana di Rutan Bima, Nusa Tenggara Barat, terlibat kerusuhan, Selasa (1/2) kemarin. Sebanyak 19 napi kabur saat keributan terjadi.

Keributan tidak bisa dikendalikan karena jumlah petugas hanya 12 orang. Sedangkan jumlah tahanan lebih dari 200 orang. Suasana sangat tegang saat puluhan napi menerebos pintu penjagaan Rutan dan memecahkan kaca-kaca. 

Keributan ini diduga dipicu oleh seorang tahanan yang mengamuk ketika sidangnya ditunda. Jaksa tidak bisa menghadirkan saksi dalam sidangnya, jadi ditunda. Ia langsung mengamuk dan memicu napi lainnya.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, mengatakan beberapa saat pascakerusuhan, aparat kepolisian Polres Bima Kota, Batalyon C Brimob NTB dan Kodim 1608 Bima langsung mengamankan lokasi.

 Sebanyak sembilan narapidana yang sempat kabur berhasil diamankan. Sementara sekitar 10 sisanya masih belum ditemukan.

“Setelah dilakukan pengejaran oleh gabungan anggota Polres Bima Kota, Batalyon C Brimob NTB, Kodim 1608 Bima, Rutan Kelas IIB Bima, Polsek Rasanae Timur, sembilan orang telah berhasil ditangkap, selebihnya, masih dalam pengerjaan anggota,” kata Artanto, Rabu (2/2) dini hari.

Artanto mengatakan, keributan bermula dari seorang tahanan titipan kejaksaan berinisial MR merasa keberatan kasusnya dinilai berbelit-belit. Padahal dia mengaku sudah berdamai dengan korban.

"MR merasa berbelitnya kasus yang menimpanya. MR merasa keberatan karena ada kesepakatan damai dengan pihak korban,” terang Artanto.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.