News

Rusia Terancam Kalah Perang, Bagaimana Nasib Putin?

 Kamis, 01 Desember 2022, 13:06 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Rusia Terancam Kalah Perang, Bagaimana Nasib Putin?

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Rusia Vladimir Putin disebut bakal tetap memiliki posisi yang kuat kendati Rusia kalah perang di Ukraina. Adapun, Putin telah menghadapi berbagai kemunduran dalam perangnya melawan Ukraina setelah menyerang tetangga Rusia pada akhir Februari.

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Putin telah ditarik dari Kherson-satu-satunya ibu kota regional yang mereka pertahankan sejak awal perang-dan menghadapi kerugian besar di tangan militer Ukraina, yang didukung oleh pasokan dari negara lain termasuk Amerika Serikat (AS).



Banyak negara mengkhawatirkan tindakan apa yang mungkin diambil Putin untuk mempertahankan kekuasaannya saat kekalahan makin dekat, yang beberapa berspekulasi bisa sama seriusnya dengan melancarkan serangan nuklir.

John Mueller, seorang peneliti di Cato Institute, sebuah think-tank libertarian Amerika yang berkantor pusat di Washington DC, menuturkan Putin mungkin tidak perlu 'berjuang' untuk tetap berkuasa bahkan jika dia kalah perang.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Foreign Affairs, Mueller mengatakan bahwa beberapa kali dalam sejarah, para penguasa telah kalah perang, kadang-kadang bahkan memalukan, tetapi tetap menjabat meskipun berdampak pada reputasi mereka.

Dalam artikelnya, Mueller merujuk pada "kekalahan memalukan" pemimpin Mesir Abdel Nasser dalam perang 1967 melawan Israel dan diktator Irak Saddam Hussein, yang bertahan melalui beberapa perang.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.