News

Ritual Pakelem di Tabanan untuk Jaga Kelestarian Subak

 Jumat, 17 September 2021, 13:45 WITA

beritabali/ist/Ritual Pakelem di Tabanan untuk Jaga Kelestarian Subak.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Pemerintah Kabupaten Tabanan secara rutin menggelar pengaci di setiap pura-pura subak untuk terjaganya kelestarian pertanian demi kesejehteraan seluruh masyarakat, salah satunya Pakelem Agung di Pura Subak Gubug di kawasan Danau Tamblingan. 

Karena Pandemi, program kerja rutin Pasedahan Agung Dinas Kebudayaan Tabanan ini yakni Upacara Mulang Pakelem di Pura subak Gubug tahun ini pelaksanaannya terpaksa dialihkan di Danau Segara Alit Batukaru, termasuk tingkatan upacara dilakukan dengan Pakelem Alit.

Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan, I Wayan Sugatra menjelaskan, meski tahun ini dilaksanakan pengaci berupa pakelem alit namun hal itu tidak sampai mengurangi makna upacara, dan upaya menjaga alam dengan cara niskala tetap dapat berjalan dengan baik. 

“Ini bukti bahwa komitmen pimpinan daerah terkait yadnya untuk memohon kesejahteraan dan keselamatan serta kemakmuran tetap berjalan di masa Pandemi dengan tetap melaksanakan prokes pada setiap kegiatan,” ujarnya, Kamis (16/9).


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending