News

Puluhan Warga Pengastulan Datangi Kantor Bupati Buleleng, Tuntut Perbekel Diberhentikan

 Sabtu, 02 September 2023, 04:04 WITA

beritabali/ist/Puluhan Warga Pengastulan Datangi Kantor Bupati Buleleng, Tuntut Perbekel Diberhentikan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Puluhan warga Desa Adat Pengastulan melakukan aksi damai dengan mendatangi Kantor Bupati Buleleng, Jumat 1 September 2023. 

Mereka meminta secara tegas PJ Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana untuk memberhentikan Kepala Desa atau Perbekel Pengastulan berkaitan dengan dugaan sejumlah permasalahan yang melibatkannya. 

Selain mempersoalkan laporan hukum Perbekel terhadap warga Desanya sendiri, warga Desa Adat Pengastulan dalam penyampaian di Ruang Pertemuan Bupati Buleleng juga meminta penjelasan Inspektorat Buleleng berkaitan dengan dugaan laporan penyalahgunaan anggaran dana desa dan bansos. 

Warga adat melalui Kelian Desa Adat I Nyoman Ngurah juga mendesak PJ Bupati Buleleng untuk memberhentikan Perbekel Desa Pengastulan.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Buleleng, Putu Karuna bersama Camat Seririt, I Gusti Putu  Mastika, Plt. DPMD I Made Dwi Adnyana dan Kepala Kesbangpol Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono menerima langsung puluhan warga melalui perwakilannya di Ruang Rapat Bupati Buleleng.

Meski demikian sejumlah warga mengaku kecewa lantaran Inspektorat Buleleng tidak memberikan jawaban secara pasti atas sejumlah permintaan warga adat.

Kelian Desa Adat Pengastulan I Nyoman Ngurah mengatakan, kedatangan puluhan warga adat tersebut merupakan aspirasi langsung yang disampaikan kepada dirinya selaku kelian adat sehingga menyampaikan keinginan warga itu berkaitan dengan keresahan warga termasuk laporan berkaitan dengan kasus hukum yang melibatkan Perbekel atas pengunaan anggaran dana desa dan bansos.

“Dengan ini kami sebagai Pemerintahan dan Lembaga Desa Adat Pengastulan menanggapi permohonan/permintaan Krama Adat Desa Adat Pengastulan, pada tanggal 30 Agustus 2023, sehubungan dengan adanya pemanggilan Krama Adat desa Adat Pengastulan sebanyak 17 orang ke Polsek Seririt dan Polres buleleng, sampai tanggal 30 Agustus 2023, yang dilaporkan oleh Perbekel Desa Pengastulan, maka kami Krama Adat, Desa Adat Pengastulan ingin menyampaikan Tindakan, sikap dan perilaku seorang Perbekel desa Pengastulan dengan Berorasi Damai untuk mempertanyakan perbuatan Perbekel pengastulan yang sudah membuat warga adat menjadi resah,” tegas Nyoman Ngurah.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending