News

Pro-Kontra Pembangunan Hotel di Bugbug, PHDI Bali Minta Solusi dari Pemerintah

 Rabu, 05 Juli 2023, 20:39 WITA

beritabali/ist/Pro-Kontra Pembangunan Hotel di Bugbug, PHDI Bali Minta Solusi dari Pemerintah.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Pembangunan hotel di Desa Bugbug, Karangasem dipersoalkan oleh sejumlah warga setempat karena dituding mencemarkan kawasan suci. 

Sebelumnya PHDI Provinsi Bali telah bertemu dengan pihak pro dan kontra, namun belum ada jalan keluar yang pasti. 

Rencananya Rabu 5 Juli 2023, PHDI Bali bersama PHDI Kabupaten Karangasem mengundang lembaga pemangku otoritas serta pejabat lain yang terkait, untuk membahas pro-kontra yang bergulir terhadap pembangunan resort di kawasan Bukit Gumang, yang diinformasikan dekat Pura Bukit Gumang ataupun Pura Enjung Ngawit di Kabupaten Karangasem. 

Hal itu dibenarkan Ketua PHDI Bali Nyoman Kenak saat ditemui Rabu 4 Juli 2023 di Denpasar. 

Pertemuan itu untuk memastikan duduk permasalahannya. Dalam Perda Tata Ruang Wilayah Kabupaten Karangasem, Perda No. 17 tahun 2020, PHDI dan MDA disebut sebagai lembaga yang diberikan tugas mengawasi pelaksanaan Perda dalam pemanfaatan kawasan suci pura. Dan Kawasan Suci Pura tertera dalam Bhisama No. 11/1994/PHDI Pusat, tentang Radius Kesucian Pura.

Yang diundang, Gubernur Bali, DPRD Bali, DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Provinsi Bali dan DLHK Kabupaten Karangasem, Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Provinsi Bali dan Kabupaten Karagasem, Bupati dan DPRD Karangasem, MDA Kabupaten Karangasem, MDA Kecamatan Karangasem dan Kecamatan Manggis, Camat Karangasem dan Camat Manggis, Prajuru Desa Adat Bugbug, Perbekel Desa Bugbug. Diundang juga Polda Bali dan Polres Karangasem.

"Awalnya kelompok pertama, mengadukan adanya pembangunan resort yang mereka sebut sebagai melanggar Bhisama Kesucian Pura, dan diperkirakan jaraknya kurang dari 2.000 meter dari Pura Bukit Gumang yang dalam Perda Tata Ruang Karangasem termasuk Pura Dang Kahyangan," ungkapnya. 


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending