News

Kasus Meninggal Rabies di Buleleng Bertambah Menjadi 8 Orang

Pria di Buleleng Meninggal Digigit Anjing Rabies

 Kamis, 27 Oktober 2022, 19:22 WITA

bbn/ilustrasi/Pria di Buleleng Meninggal Digigit Anjing Rabies.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Kasus gigitan anjing yang menyebabkan kematian, kembali terjadi di wilayah Buleleng. Korbannya seorang pria berusia 57 tahun asal Dusun Dauh Margi, Desa Tirtasari, Kecamatan Banjar Buleleng yang berinisial Nyoman Yordaya. 



Korban dinyatakan meninggal dunia usai digigit anjing terinfeksi rabies. Korban sebelumnya sempat dibawa ke rumah sakit setelah mengeluh mengalami sesak nafas dan susah menelan, namun akhirnya korban dinyatakan meninggal. Kematian korban tersebut menambah daftar kematian akibat rabies di wilayah Buleleng.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Buleleng, dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD, Kamis 27 Oktober 2022 membenarkan adanya korban meninggal akibat suspek rabies. Awalnya pada Senin lalu korban datang ke rumah sakit dan akhirnya Rabu, korban dinyatakan meninggal dunia. 

"Saat datang sulit menelan, sesak nafas, tidak mau minum air," kata Arya Nugraha.

Dari informasi, korban digigit anjing sekitar 2 bulan lalu serta tidak dilakukan pemberian vaksin anti rabies (VAR). Korban pun sempat mendapatkan perwatan di RSUD Tangguwisia di Kecamatan Seririt sebelum akhirnya korban di rujuk ke RSUD Buleleng untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

"Ya sebelum meninggal, tekanan darah korban turun dan nafasnya terhenti," jelas Arya Nugraha.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng, dr. Sucipto menjelaskan, korban digigit anjing pada bagian betis kanan. Setelah menggigit, anjing tersebut justru dibunuh sehingga tidak sempat dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk diberikan penanganan. 

"Kami justru sayangkan kembali jatuh korban meninggal akibat rabies. Padahal itu bisa dihindari jika pemilik anjing itu tidak melepasliarkan anjing peliharaannya," ujar Sucipto.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending