Politik

Prabowo-Gibran Menang, De Gadjah: Sampah TPA Suwung Diolah Jadi Listrik Plus Wisata Rekreasi

 Jumat, 08 Desember 2023, 10:00 WITA

beritabali/ist/Prabowo-Gibran Menang, De Gadjah: Sampah TPA Suwung Diolah Jadi Listrik Plus Wisata Rekreasi.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah menjanjikan pengolahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar Selatan yang lebih efisien dengan mengubahkan menjadi energi listrik sekaligus tempat wisata rekreasi.

Hal ini sebagai konkrit mengatasi persoalan sampah klasik bertahun-tahun di TPA Suwung yang terus menumpuk tanpa dikelola lebih lanjut. Terlebih posisi TPA yang dekat dengan yang dekat di Bandara International I Gusti Ngurah Rai akan berpengaruh pada wajah pariwisata Bali. 

Tidak hanya itu, pada bulan Oktober 2023 lalu, TPA Suwung mengalami kebakaran. Asapnya menyebar ke mana-mana dan berdampak pada aktivitas masyarakat.

Pengelolaan sampah, kata De Gadjah idealnya seperti Copen Hill Energy Plant (CEP) atau Amager Bakke di Denmark di mana pengelolaan sampah bisa diubah menjadi energi.

Didukung oleh teknologi terdepan, pabrik ini bisa membakar 35 ton sampah per jam dan memotong emisi hingga 99,5%. Ini merupakan perwujudan ambisi Copenhagen untuk menjadi kota karbon netral pertama di dunia pada tahun 2025.

Melihat fakta yang terjadi tentang TPA Suwung, De Gadjah mengatakan apabila Prabowo-Gibran menang, pihaknya akan memperjuangkan agar TPA Suwung dapat dikelola lebih baik sehingga dapat menjadi kawasan yang bersih bahkan menjadi penghasil energi dan kawasan pariwisata baru di wilayah Bali Selatan.

“Pengelolaan TPA Suwung yang merupakan TPA terbesar di Bali ini sebenarnya hanya perlu sebuah political willI, komitmen dari para pemangku kebijakan atau pengambil keputusan untuk dapat mewujudkannya,” ujarnya di Posko Kemenangan Prabowo-Gibran Bali, Rabu (6/12/2023).


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending