News

Perang dengan Rusia, AS Beri Bantuan Rp14 Triliun ke Ukraina

 Selasa, 09 Agustus 2022, 14:48 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Perang dengan Rusia, AS Beri Bantuan Rp14 Triliun ke Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Pemerintahan Amerika Serikat (AS) pimpinan Presiden Joe Biden kembali memberikan bantuan pertahanan kepada Ukraina yang digempur oleh Rusia. Kali ini, bantuan yang diberikan Biden kepada negara itu senilai US$ 1 miliar atau setara Rp14,8 triliun.

Bantuan ini termasuk amunisi untuk senjata jarak jauh dan kendaraan transportasi medis lapis baja. Paket amunisi itu terdiri atas tambahan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi atau HIMARS, Rudal Permukaan-ke-Udara atau NASAMS, serta ada ribuan butir peluru lainnya.

"Kami akan terus berkonsultasi dengan Ukraina dan meningkatkan sistem dan kemampuan tambahan yang tersedia dengan hati-hati dikalibrasi untuk membuat perbedaan di medan perang dan memperkuat posisi akhirnya Ukraina di meja perundingan," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan, Senin, dikutip Selasa (9/8/2022).

Dengan adanya tambahan bantuan ini, AS telah memberikan hingga US$ 9,8 miliar atau Rp145 triliun untuk menyokong Ukraina. Beberapa bantuan senjata AS ini dirasa efektif dalam memukul mundur pasukan Rusia.


Halaman :