News

Peran TPS3R Didorong Menghasilkan Energi Terbarukan

 Senin, 30 April 2018, 07:30 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 
Beritabali.com.Klungkung, Peran Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Resuse, Recycle (TPS3R) kedepan pengembangannya didorong oleh pemerintah pusat menjadi 5 R yaitu ditambah Re Energi, untuk menghasilkan energi baru terbarukan.  
 
[pilihan-redaksi]
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satker Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Strategis (PLP),  Dr.  Hasir  Tjene, saat evaluasi dan peningkatan kapasitas TPS3R tahun 2018 dilaksanakan di TPS3R Darma Winangun Desa Tangkas, rombongan sebanyak 60 orang.
 
Turut hadir pula Perbekel Desa Tangkas,  I Wayan Tilem,  perwakilan Dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan,  pendamping TOSS (tempat olah sampah Setempat) dari STT PLN Jakarta selaku pendamping program TOSS pemda Klungkung. 
 
Ia menyebutkan masalah sampah di kemudian hari tidak hanya berhenti di pengolahannya saja, tetapi memiliki nilai bisnis yg menjanjikan untuk kesejahteraan warga sekitar.  Untuk itu, ia berharap desa tangkas yang sudah bisa melaksanakan pengelolaan sampah menjadi pupuk organik dan pellet sampah nantinya akan digunakan mensuplai bahan baku sumber energi listrik dapat ditingkatkan kapasitas dan volume.  
 
Lewat pengembangan ini TPS3R diharapkan mampu membuat business plan yang memadai guna menunjang operasional.  Rombongan langsung meninjau proses pemilahan sampah dan praktek pembuatan pellet sampah dari hasil peuyeumisasi. Hasil pelet sampah ini langsung digunakan untuk kompor khusus Rumah Tangga. 
 
Sementara Menurut prebekel desa tangkas,  I wayan tilem,  upaya pengelolaan sampah di desa tangkas tentu masih banyak mengalami hambatan misalnya penyadaran akan pengelolaan sampah yang belum menyeluruh, akses pengiriman sampah ke lokasi TPS3R yang sebelumnya hampir 3 bulan terhambat akibat akses jembatan tertimbun material Gunung agung. Baru sejak 2 minggu lalu sudah mulai lancar, setelah dilakukan normalisasi alur sehingga pelayanan sampah bisa ditingkatkan dan tidak membuang ke tempat lain.
 
[pilihan-redaksi]
I Ketut Darmawan, Ketua KSM Darma Winangun Desa Tangkas, berterima kasih kepada Kementerian PUPR Jakarta karena pihaknya telah dipercaya melaksanakan kegiatan TPS3R dan telah berjalan. Hasil evaluasi berdasarkan diskusi dengan kepala satker, kata dia tentunya banyak masukan yang didapatkan termasuk bagaimana mengoptimalkan dan meningkatkan kapasitas mesin pellet agar bisa berproduksi lebih banyak.
 
"Sudah ada lampu hijau untuk mengajukan pembangunan hanggar dan penyiapan mesin pellet tinggal kami koordinasi dengan desa untuk penyiapan tempatnya dan satker PLP provinsi untuk penyiapan usulannya," ujarnya.  
 
Dengan demikian, lanjutnya pihaknya bisa tingkatkan jumlah pelanggan yang saat ini mencapai 295 KK menjadi 500 KK di tahun berikutnya. Ia juga meminta masyarakat desa tangkas sadar akan penanganan sampahnya dikelola dengan baik. Pada kesempatan tersebut rombongan sangat tertarik melihat pembuatan pellet sampah. (bbn/rls/rob)

Penulis : bbn/rls




Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending