News

Pentingnya Jero Mangku Ikuti Kursus Teologi Brahma Widya

 Senin, 04 April 2022, 09:15 WITA

beritabali/ist/Pentingnya Jero Mangku Ikuti Kursus Teologi Brahma Widya.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Para calon pinandita maupun pandita hendaknya memiliki dasar pemahaman sastra yang mantap sebagai bekal di kemudian hari. 

Selain itu, sangat diperlukan seorang nabe (guru) yang mengajar dan membimbing para calon tersebut. 

Demikian beberapa hal yang ditekankan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si saat membuka Kursus Teologi Hindu Brahma Widya angkatan IV di Aula Kantor PHDI Provinsi Bali, Sabtu (2/4). 

Prof. I Gusti Ngurah Sudiana didampingi Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korwil Bali, Pinandita I Wayan Dodi Ariyanta dan Ketua Panitia, Pinandita Drg. I Made Budiarsana menerangkan, kursus ini merupakan program PHDI Provinsi Bali bekerja sama dengan PSN Korwil Bali. 

"Kursus ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, namun sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Akhirnya kini bisa kembali berlanjut," ungkapnya saat memberi sambutan.

Guru Besar bidang Sosiologi yang juga Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar ini menuturkan, PHDI Provinsi Bali telah lama melaksanakan pelatihan kepemangkuan

"Kalau tidak salah, sejak tahun 2001, kami berkeliling ke berbagai daerah di Bali, hingga ke desa-desa. Bahkan hingga ke daerah lain di luar Bali. Nah, dengan kerja sama bersama PSN, kami melaksanakan kursus yang sudah berjalan hingga angkatan IV saat ini," terangnya.

Kursus ini menurut Prof. I Gusti Ngurah Sudiana sangat penting diikuti oleh para calon pinandita atau pamangku maupun pandita. Sebab ada tiga tingkatan yang disediakan. 

Tingkat I untuk dasar-dasar Teologi, Tingkat II untuk dasar-dasar Kepinanditaan atau Kepamangkuan, dan Tingkat III untuk dasar-dasar Kepanditaan bagi yang bersiap-siap untuk melangkah ke Dwijati. 

"Selain belajar, kursus ini merupakan media diskusi, berbagi ilmu dan pengalaman untuk memperkaya pengetahuan peserta," jelasnya.


Halaman :






Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending