Banner Image
Banner Image

News

Penutupan Jalur Bali dan Jatim

Pengiriman Ribuan Sapi dari Bima ke Jabodetabek Terkendala

 Sabtu, 14 Mei 2022, 09:00 WITA

bbn/ilustrasi/Pengiriman Ribuan Sapi dari Bima ke Jabodetabek Terkendala.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Peternak sapi di Kabupaten Bima menjadi pemasok hewan kurban di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya untuk kebutuhan daging tiap Idul Adha. 

Pengusaha ternak di Bima biasanya menggunakan tol laut untuk mengangkut sapinya. Tapi tahun ini, para peternak mencoba sistem pengiriman melalui jalur darat menggunakan tronton.

Tapi kendalanya, ada penutupan jalur seperti di Denpasar Bali dan Jawa Timur akibat wabah PMK. Saat ini, peternak dan pengusaha sapi di Bima sedang was-was lantaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah di sebagian wilayah Indonesia.

Lockdown atau penutupan pengiriman hewan ternak sejumlah daerah di bagian barat Indonesia, membuat proses pengiriman sapi dari Bima menemui kendala.

Informasi yang diperoleh dari Dinas Peternakan Kabupaten Bima, estimasi sapi yang akan dikirimkan tahun ini sebanyak 10 ribu ekor. Itu hanya untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha 1443 Hijriyah di DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya.

"Yang baru diberangkatkan 500 ekor sapi. Masih tersisa 9.500 ekor sapi," ungkap Kadis Peternakan Kabupaten Bima, Syaifuddin.

Peternak dan pengusaha kini mencari cara untuk mengirim sapi-sapi mereka. Untuk kapasitas pengangkutan tol laut hanya bisa maksimal 500 ekor sapi saja. Kapasitas ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah sapi yang harus dikirimkan.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending