News

Pemkot Pastikan Dokumen Penting Tersertifikasi Secara Elektronik

 Selasa, 28 September 2021, 17:10 WITA

beritabali/ist/Pemkot Pastikan Dokumen Penting Tersertifikasi Secara Elektronik.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Untuk menjamin keamanan dan menghindari pemalsuan dokumen penting, Pemerintah Kota Denpasar telah menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) pada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). 

“Khususnya OPD yang memberikan layanan dokumen kepada masyarakat, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” jelas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Dr. I Dewa Made Agung SE M.Si saat Penandatangan Perpanjangan Sertifikat Elektronik Dinas Kominfos dengan Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Selasa (28/9). 

Perpanjangan dilakukan setiap 4 tahun sekali agar penyelenggaraan tanda tangan elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar tetap dapat dilaksanakan. Penandatanganan dilakukan di Ruang Sewaka Mahottama Graha Sewaka Dharma antara Kepala Dinas Kominfos Kota Denpasar Dr. I Dewa Made Agung SE M.Si dengan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSrE BSSN) Jonathan Gerard T disaksikan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN dan Kepala Bagian Kerjasama Setda Kota Denpasar.

Karo Hukum dan Komunikasi Publik, Sekretariat Utama, BSSN Republik Indonesia, Christyanto Noviantoro, S.H., M.H.  menyatakan bahwa keberadaan sertifikat elektronik dapat menjadi sarana penjaminan keabsahan dan keutuhan dokumen elektronik, demi meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai pengguna layanan. 

“Tanda Tangan Elektronik menjamin autentikasi, integritas, dan mencegah penyangkalan sebuah informasi atau dokumen elektronik,” tegasnya. 

Sebab tanda tangan elektronik tidak mudah dan bahkan tidak bisa dipalsukan, jelasnya. “Keunggulan Tanda Tangan Elektronik, antara lain dapat dilakukan di mana saja, cepat serta mendukung transformasi digital yang terus meningkat” ujarnya lagi. Identitas digital yang ikut menempel bersama dengan Tanda Tangan Elektronik yang dibubuhkan, memperkuat dukungan penjaminan keabsahan dokumen yang ditandatangani. 


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending