News

Pemimpin Junta Myanmar Terancam Dikudeta Efek 6 Jenderal Menyerah

 Kamis, 25 Januari 2024, 22:03 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Pemimpin Junta Myanmar Terancam Dikudeta Efek 6 Jenderal Menyerah

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Pemimpin junta militer Myanmar Min Aung Hlaing diklaim terancam dikudeta dari posisinya sebagai pemimpin negara tersebut.

Sejumlah kalangan pendukung junta militer dikabarkan mulai meminta Aung Hlaing mundur gegara enam jenderalmya menyerah setelah kalah dari pasukan pemberontak di negara bagian Shan.

Para pendukung junta mulai menilai Aung Hlain tidak becus, egois, dan lemah karena membuat militer yang tadinya tak terkalahkan jadi gampang menyerah terhadap musuh-musuhnya.

Pertempuran di Kota Laukkai merupakan kekalahan terbesar junta Myanmar dari pasukan pemberontak sejak kudeta militer Myanmar pada 2021. Kekalahan tersebut dianggap amat memalukan.

Saat itu juru bicara militer Myanmar Jenderal Zaw Min Tun mengatakan kepada media resmi junta, Popular News Journal, menjelaskan soal pasukannya yang menyerah di Laukkai, negara bagian Shan.

Min Tun menerangkan bahwa prioritasnya adalah keselamatan para personel junta dan keluarga mereka serta menjaga relasi dengan China, seperti dikutip dari The Irrawady.

Laukkai merupakan kota di negara bagian Shan yang berbatasan langsung dengan China di utara.

Pasukan koalisi pemberontak yang terdiri dari Pasukan arakan dan Pasukan Pembebasan Nasional Ta'ang berhasil menguasai Laukkai melalui operasi gabungan 1026 pada Oktober tahun lalu.

Aliansi pasukan pemberontak itu berhasil merebut sekitar 500 markas junta Myanmar dan 17 kota beserta jalur perdagangan vital, termasuk sejumlah markas komando pusat di Shan.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending