News

Pemadaman Api dengan Alat Seadanya

 Senin, 24 Oktober 2016, 18:39 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Upaya pemadaman kebakaran hutan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali dilakukan secara manual dengan peralatan seadanya. Ini karena tidak ada akses jalan dan medannya cukup sulit.

Petugas gabungan bergerak dari Kota Amlapura, ibukota Karangasem menuju kaki gunung dengan peralatan operasional manual sekitar pukul 07.30 Wita. Masyarakat sekitar Kecamatan Abang dan Kubu juga dikerahkan untuk membantu memadamkan api. Untuk bisa menjangkau lokasi titik api, petugas harus menaiki lokasi cukup terjal sejauh sekitar 4 kilometer. Ada beberapa titik api dan untuk sementara petugas akan memadamkan di lokasi terdekat yakni di Desa Datar, Tulamben.

"Ratusan petugas dikerahkan dari BPBD, PMI, BKSDA, Kepolisian, SAR, TNI dibantu unsur masyarakat lainnya akan bersama berupaya memadamkan api. Kami fokuskan untuk menghambat penyebaran api agar tidak menjalar ke tempat lain," jelas pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Karangasem, Nyoman Sutirtayasa, kepada wartawan Sabtu (1/9/2012).

 

Kebakaran hutan di Gunung Agung terjadi di sisi timur gunung, sekitar Desa Bankubu dan Jungutan  sampai dengan Kedampal di Kecamatan Kubu.  Pagi ini kobaran api sudah tidak terlihat lagi. Sementara asap kebakaran hingga pagi ini masih terlihat dari kota Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem. 
 

Penulis : bbn/psk

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending