News

Pecahkan Rekor Watangan 108 Orang, KNPI Tabanan Gandeng Yayasan Mandala Suci

 Minggu, 30 Oktober 2022, 22:49 WITA

beritabali/ist/Pecahkan Rekor Watangan 108 Orang, KNPI Tabanan Gandeng Yayasan Mandala Suci.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabanan berkolaborasi dengan Yayasan Mandala Suci melakukan pagelaran acara Calonarang yang berisikan 108 watangan atau orang yang mati suri. 



Acara yang digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria pada Minggu, (30/10) mendapatkan respon luar biasa dari publik. Calonarang yang bertujuan memecahkan Rekor MURI dengan menghadirkan 108 watangan ini merupakan bagian dari acara peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober yang digagas oleh KNPI Tabanan.

Pendiri Yayasan Mandala Suci Ir Nengah Atmaja, mengatakan pementasan Calonarang kali ini mengambil berjudul Katundung Ratna Manggali. Soal persiapan sudah mapir rampung. Termasuk para sisia (murid) yang diberikan anugerah untuk menjadi watangan juga sudah siap. 

Ia mengatakan, digelarnya pementasan Calonarang ini selain untuk meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menampilkan 108 watangan, juga ingin melestarikan Calonarang

“Belum ada yang bisa dan yang berani menampilkan 108 watangan,” ujarnya. 

Watangan yang akan dipersembahkan ini adalah sama dengan seda raga. Seda raga ini adalah melepaskan roh agar nyambung dengan yang disembah. “Jadi badan ini syaratnya harus kaku, pucat, dan dingin layaknya bangke (mayat) yang diformalin,” ujarnya. 


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending