News

Pastika: Kriteria Calon DPD Harus Memiliki Kapabilitas dan Jaringan Luas

 Jumat, 27 April 2018, 09:10 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 
Beritabali.com.Denpasar, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyebutkan kriteria seorang calon anggota DPD Bali harus memiliki kapabilitas secara komprehensif baik kualitas, pengalaman dan jaringan luas lokal, nasional hingga skup global.
 
[pilihan-redaksi]
"Calon DPD itu harus mempunyai kualitas, pengalaman dan mampu koordinir eksekutif dari eksekutif hingga orang-orang Jakarta," ujarnya, Kamis (27/4) di Denpasar.
 
Menurutnya kapabilitas itulah yang melekat dalam diri seseorang sebelum mendapat peran atau menjabat posisi tertentu, sehingga bisa didengar khalayak luas. Dikatakan populasi penduduk Bali kecil sekitar 4 juta, sedangkan Indonesia 264 juta dan dunia kurang lebih 8 miliar, sehingga, sosok calon DPD Bali juga perlu memandang Bali dalam wadah NKRI dan secara global. "Diperlukan kualitas analisis seperti geopolitik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain," tandasnya.
 
[pilihan-redaksi2]
Maka dari itu, ia meragukan jika penyerahan dukungan KTP sebagai persyaratan mendaftar calon DPD hanya pada kisaran jumlah minimal. Hal itu dinilai hanya mewakili golongan tertentu saja bukan representasi masyarakat secara umum.
 
Kendati sudah menyerahkan persayaratan dukungan KTP sebanyak 3.000 ke KPUD Bali, ia menyerahkan sepenuhnya masyarakat Bali untuk memilih siapa yang layak mewakili Bali nantinya sebagai calon DPD Bali. Ia mengakui tidak mendaftarkan sendiri dirinya ke KPUD Bali melainkan melalui petugas penghubung yang menyerahkan syarat pendaftarannya. Ia juga menyebutkan tidak memiliki timses untuk mendulang suara untuk meraih jabatan DPD, tetapi hanya mengandalkan tim koordinator penghubung yang bertugas melengkapi berkas persyaratan.
 
Saat ditanya alasan tidak mendaftar sebagai anggota DPR RI dari Bali, Pastika menegaskan hanya ingin menjadi perwakilan Bali dan bukan perwakilan partai. Ia menjelaskan misi yang diembannya tidak lain memperjuangkan Bali yang merupakan pulau kecil yang tidak memiliki sumber daya alam (SDA) sehingga harus mendapatkan dukungan pendanaan dari pemerintah. Dukungan itu tidak lain dalam bentuk pendanaan untuk menjaga alam dan budaya daerah. (bbn/rob)

Penulis : bbn/rob



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending