News

'One Gate System' dari Bali ke Tiga Gili Batal Dilaksanakan

 Kamis, 18 Agustus 2022, 22:46 WITA

beritabali/ist/One Gate System dari Bali ke Tiga Gili Batal Dilaksanakan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Uji coba one gate system di Pelabuhan Bangsal untuk wisatawan yang akan menuju Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air), dari Bali batal dilaksanakan.



Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Djohan Sjamsu tetap pada keputusannya untuk menerapkan pola lama. Yakni kapal cepat yang mengangkut wisatawan dari Bali bisa langsung ke Gili tanpa harus diperiksa atau transit di Pelabuhan Bangsal. 

“Hasil rapat beberapa waktu lalu dengan stakeholder terkait kita putuskan bahwa wisatawan dari Bali langsung ke tiga Gili. Ndak kita terapkan one gate system,” tegasnya, Rabu (17/8).

Jika one gate system diterapkan lanjut Bupati, dikhawatirkan akan mempersulit para wisatawan yang hendak berlibur ke Gili Tramena. Mengingat mereka harus melewati pemeriksaan ketat dan berpotensi memakan waktu yang cukup lama. Belum lagi mereka harus pindah ke kapal milik Koperasi Karya Bahari (KKB) untuk ke Gili.

“Kalau kita lakukan seperti itu bertele-tele jadinya. Malahan kita bisa kehilangan wisatawan nanti. Untuk itu kita putuskan tidak berlakukan one gate system ini,” tambahnya.

Jika pun ingin dilakukan pemeriksaan orang maupun barang bawaan kata Bupati, maka bisa dilakukan di masing-masing Gili.

“Kita menyesuaikan itu dengan menempatkan petugas-petugas kita di sana,” bebernya.

Diketahui, keputusan Bupati ini berbeda dengan kesepakatan rapat yang dilakukan Wakil Bupati Danny Karter Febrianto, Kapolres Lombok Utara AKBP Wayan Sudarmanta, dan stakeholder terkait pada Senin (8/8). 


Halaman :