News

Denpasar

Mobil Edukasi Skizofrenia Hadir di Bali

 Jumat, 18 November 2016, 02:47 WITA

beritabali.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Mobil edukasi penyakit gangguan jiwa skizofrenia kini hadir di Bali. Mobil ini nantinya akan berkeliling Bali untuk membantu perawatan dan juga edukasi gangguan kejiwaan.

Mobil edukasi gangguan jiwa skizofrenia ini merupakan sumbangan Janssen Indonesia untuk Pemerintah Provinsi Bali.

“Dengan adanya mobil edukasi ini kami harapkan dalam kurun waktu setahun ke depan akan ada  perubahan signifikan tentang cara pandang masyarakat terhadap penderita gangguan jiwa berat atau skizofrenoia ini,” kata General Manager Janssen Indonesia, Mada Shinta Dewi di sela-sela penyerahan bantuan mobil itu, di Denpasar, Rabu (5/6/2013).

Mobil edukasi ini dilengkapi berbagai macam sarana informasi seperti televisi, video, poster dan brosur yang berisi informasi seputar skizofrenia dan gangguan jiwa berat lainnya.

Dalam catatan beritabali.com, 90 Persen Pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli Bali adalah penderita Skizofrenia. Sementara sisanya mengalami gangguan mental organik yang berubungan dengan epilepsi, gangguan afektif, dan gangguan jiwa akibat pemakaian narkoba.

Untuk proses penyembuhan, pasien gangguan jiwa Skizofrenia ini menjalani terapi dengan obat. Saat kondisi mulai membaik, para pasien ini juga mendapat terapi lain seperti terapi penyembuhan dengan cara melukis, pertanian, kerajinan, membuat batako, sulam menyulam, dan membuat canang.

 



Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak manusia, mempengaruhi fungsi normal kognitif, emosional dan tingkah laku. Skizofrenia adalah gangguan jiwa psikotik dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antar pribadi normal. Seringkali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). 

Penulis : bbn/net

Editor : Tantri






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending