News

Merapi Muntahkan 15 Kali Guguran Awan Panas Sepanjang Minggu

 Senin, 13 Maret 2023, 21:23 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Merapi Muntahkan 15 Kali Guguran Awan Panas Sepanjang Minggu

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tercatat meluncurkan awan panas guguran sebanyak 15 kali pada Minggu (12/3) kemarin. Pendataan itu berdasarkan hasil pengamatan pada pukul 00.00 hingga 24.00 WIB.

"Teramati awan panas guguran 15 kali dengan jarak luncur maksimum 2.500 meter ke barat daya," kata Ahmad Sopari selaku penyusun laporan.

Selain itu, berdasarkan pengamatan juga teramati ada 21 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 2000 meter ke barat daya.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan pada Senin (13/3) pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, Gunung Merapi memuntahkan satu kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum 1200 meter ke barat daya.

"Guguran lava pijar 30 kali dengan jarak luncur maksimum 1100 meter ke barat daya," ucap penyusun laporan Susanta.

Sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan status Gunung Merapi masih berada di Level III atau Siaga.

BPPTKG menyebut potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer, Sungai Bedog, Bebeng, dan Krasak sejauh maksimal 7 kilometer.

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer. Sedangkan lontaran abu vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending