News

Makanan Yang Aman Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

 Jumat, 14 Januari 2022, 21:10 WITA

bbn/suara.com/Makanan Yang Aman Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Ada salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh orang dewasa. Penyakit ini adalah penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit ini terjadi di organ lambung. Ketika kambuh akan menyababkan sejumlah gejala seperti nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan.

Oleh karena itu saat kambuh terkadang orang jadi sulit makan. Berikut sejumlah makanan yang aman dimakan saat asam lambung naik dan pastinya nyaman di perut

1. Oatmeal 

Oatmeal adalah makanan sumber serat yang sangat baik. Sementara, diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Pilihan makanan sumber serat lainnya termasuk roti gandum dan nasi gandum. 

2. Sayuran 

Sayuran secara alami mengandung rendah lemak, rendah gula, dan dapat membantu mengurangi asam lambung. Pilihan sayuran yang bagus untuk menurunkan asam lambung antara lain yakni: Brokoli Asparagus Kembang kol Sayuran berdaun hijau Kentang Mentimun Kacang hijau 


3. Yogurt 

Penderita asam lambung selama ini mungkin lebih memilih menghindari konsumsi yogurt karena memiliki rasa asam yang dikhawatirkan akan memperburuk keadaan. Namun, yoghurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi. Tinggi Kandungan bakteri asam laktat di dalamnya justru dapat menenangkan lambung, sehingga bisa memberi efek nyaman pada penderita asam lambung. Namun, dalam mengonsumsi yogurt jelas harus sesuai kebutuhan. Konsumsi yogurt secara berlebihan, apalagi dalam kondisi perut yang kosong, bisa saja berpotensi menyebabkan peningkatan asam lambung. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending