News

Lepas Jilbab, Dua Aktris Top Ini Ditangkap Otoritas Iran

 Senin, 21 November 2022, 21:35 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Lepas Jilbab, Dua Aktris Top Ini Ditangkap Otoritas Iran

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Otoritas Iran telah menangkap dua aktris top di negeri tersebut. Keduanya ditangkap setelah menyatakan solidaritas gerakan protes dengan melepas jilbab mereka di depan umum sebagai tindakan pembangkangan terhadap rezim yang berkuasa.

Aktris Hengameh Ghaziani (52) dan Katayoun Riahi (60) ditahan setelah dipanggil oleh jaksa dalam penyelidikan atas postingan media sosial dan aktivitas media mereka yang provokatif, menurut laporan media pemerintah IRNA yang dikutip AFP, Minggu (20/11/2022).



Menurut laporan IRNA, Ghaziani ditangkap karena menghasut dan mendukung kerusuhan, serta berkomunikasi dengan media oposisi. Bintang film berusia 52 tahun itu telah mengindikasikan bahwa dia telah dipanggil oleh pengadilan, dan kemudian menerbitkan video di Instagram tentang dirinya yang melepas hijab.

"Mungkin ini akan menjadi posting terakhir saya," tulisnya pada Sabtu malam. "Mulai saat ini, apa pun yang terjadi pada saya, ketahuilah bahwa seperti biasa, saya bersama rakyat Iran sampai napas terakhir saya."

Video tersebut menunjukkan Ghaziani tanpa penutup kepala menghadap kamera tanpa berbicara dan kemudian berbalik dan mengikat rambutnya menjadi kuncir kuda.

Dalam sebuah unggahan minggu lalu, dia menuduh pemerintah Iran sebagai pembunuh anak karena membunuh lebih dari 50 anak. Lebih lanjut, laporan IRNA juga mengatakan Riahi kemudian ditangkap dalam penyelidikan yang sama.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.