News

Kudeta Wagner di Rusia Disebut Direstui Warga, Putin Melemah

 Rabu, 05 Juli 2023, 01:15 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Kudeta Wagner di Rusia Disebut Direstui Warga, Putin Melemah

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Kudeta yang dilakukan tentara bayaran Wagner, pimpinan Yevgeny Prigozhi, terhadap pemerintah Presiden Vladimir Putin diklaim direstui warga Rusia. Bahkan ini pun diidentifikasikan sebagai tanda melemahnya kepemimpinan Putin.

Hal ini ditegaskan langsung Zelensky dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN International, dimuat Selasa (4/7/2023). Menurutnya Putin telah kehilangan kendali atas rakyatnya sendiri.

"Kami melihat reaksi Putin. Itu lemah," kata Zelensky kepada jurnalis di Odesa.

"Semua kekuatan vertikal yang dulu dia miliki runtuh begitu saja," tegasnya.

Pendapat ini bukan tanpa alasan. Menurutnya fakta bahwa Wagner bergerak jauh dan mengambil wilayah tertentu menunjukkan betapa mudahnya hal tersebut dilakukan di Kremlin. Putin, ujarnya, tidak mengendalikan situasi di wilayah tersebut.

Zelensky pun menambahkan laporan intelijen Ukraina yang menunjukkan Kremlin mengukur dukungan untuk Prigozhin. Dia mengklaim bahwa setengah dari Rusia mendukung bos Wagner dan pemberontakan kelompok paramiliter.

Sebelumnya, sebuah video geolocated, sempat diverifikasi media yang sama. Video itu menunjukkan kerumunan bersorak ketika kendaraan bos Wagner berangkat dari kota selatan Rostov-on-Don pada 24 Juni.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending