News

KPU Tabanan Temukan 2.466 Pemilih Baru untuk Pilpres 2024

 Jumat, 28 Mei 2021, 09:40 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menemukan 2.466 pemilih baru dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 9 Desember 2020 lalu yang berjumlah 362.813 pemilih. 

Jumlah ini merupakan hasil pemutakhiran data yang dilakukan jelang Pilpres 2024. Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tabanan I Ketut Sugina mengatakan, sesuai undang-undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017, PKPU Nomor 2 tahun 2017, PKPU Nomor 11 tahun 2018 dan Surat Dinas KPU RI Nomor 132 dan 366 tahun 202, maka KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai dengan perundang-undangan. 

“Pasca Pilkada 2020, secara intens kami melakukan koordinasi dengan para stakeholder dengan harapan bersama-sama mengawal proses ini, sehingga nantinya Daftar Pemilih yang dihasilkan adalah hasil kerja bersama yang digawangi oleh KPU,” ujar Sugina. 

Ia menerangkan, pihaknya setiap bulan melakukan rekapitulasi daftar pemilih di Tabanan, yang kemudian dipublikasikan melalui media massa, website resmi KPU Tabanan, media sosial serta dikirimkan langsung kepada stakeholder yang ada. 

“Jadi setiap bulan para stakeholder tahu betul perkembangan data pemilih di Tabanan, berapa yang meninggal, berapa yang masuk menjadi pemilih dan berapa yang pindah domisili, semuanya kami rangkum dalam rekapitulasi yang kami publikasikan,” ujarnya. 

Terkait perkembangan daftar pemilih periode Mei 2021, dijelaskan bahwa saat ini jumlah pemilih di Kabupaten Tabanan mencapai angka 365.279 pemilih. Itu berarti ada penambahan sebanyak 2.466 pemilih dari DPT pilkada Tabanan 9 Desember 2020 lalu yang jumlah DPTnya sebanyak 362.813 pemilih. 

“Kalau dibandingkan dengan DPT, ada penambahan sebanyak empat ribuan lebih, namun jika dibandingkan dengan rekapitulasi bulan sebelumnya yakni bulan Maret, yang jumlah pemilihnya 363.107 pemilih, maka ada penambahan sebanyak 2.172 pemilih saja,” katanya.

Penambahan tersebut kata dia, berasal dari adanya pemilih yang berumur 17 tahun pada bulan berjalan, kemudian adanya alih status atau pensiun dari TNI/Polri, adanya pemilih yang pindah datang artinya menjadi penduduk Tabanan, dikurangi dengan jumlah pemilih yang meninggal, pindah ke luar Tabanan atau adanya pemilih yang beralih status menjadi TNI/Polri

“Semangatnya bagaimana kita menciptakan daftar pemilih yang berkualitas yang memenuhi unsur Akurat, Mutakhir dan komprehensif,” kata Sugina.

Penulis : bbn/tab




Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending