News

Korut Eksekusi Mati Dua Remaja Karena Menonton Drama Korea

 Senin, 05 Desember 2022, 13:30 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Korut Eksekusi Mati Dua Remaja Karena Menonton Drama Korea

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Korea Utara (Korut) secara terbuka telah mengeksekusi mati dua remaja yang kedapatan menonton dan mendistribusikan film drama asal Korea Selatan (Korsel). Dalam laporan Radio Free Asia, keduanya masih berumur 16 dan 17 tahun.

Ini terjadi di Hyesen. Penduduk bahkan diminta berkumpul berkelompok di landasan untuk melihat dua remaja itu ditembak. Kejadian sebenarnya berlangsung Oktober. 

Kala itu, dua remaja ini kedapatan mencoba menjual thumb drive berisi media selundupan di pasar lokal. Aktivitas keduanya tertangkap mata-mata. Ini kemudian berujung dengan pelaporan ke polisi.

"Para siswa terjebak dalam jebakan kali ini," kata warga setempat dikutip Senin (5/12/2022).

"Pihak berwenang menempatkan siswa remaja di depan umum, menghukum mati mereka, dan segera menembak mereka," tambah warga lagi.

Pemerintah Kim Jong Un menyebut yang dilakukan sebagai hal jahat. Otoritas pun dilaporkan memaksa warga lain untuk melihat video eksekusi itu.

"Mereka yang menonton atau mendistribusikan film dan drama Korsel, dan mereka yang mengganggu ketertiban sosial dengan membunuh orang lain, tidak akan diampuni dan akan dihukum hukuman mati maksimum," jelas warga lain.

Perlu diketahui, eksekusi semacam itu jarang terjadi di Korut. Pihak berwenang biasanya akan menggunakan eksekusi untuk menakut-nakuti orang agar berperilaku seperti yang mereka inginkan.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.