Kesehatan

Kenali Ciri-Ciri Infertilitas, Salah Satunya Banyak Rambut di Tubuh

 Rabu, 13 Maret 2024, 10:15 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kenali Ciri-Ciri Infertilitas, Salah Satunya Banyak Rambut di Tubuh

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Infertilitas atau masalah kesuburan tentunya tidak hanya dialami wanita tapi juga dialami pria. Kenali ciri-ciri infertilitas berikut ini.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi, Binarwan Halim mengatakan infertilitas atau gangguan kesuburan rata-rata tidak bisa dilihat secara kasat mata. Gangguan ini biasanya hanya bisa dideteksi oleh serangkaian tes medis untuk melihat kesuburan pasangan yang ingin memiliki momongan.

"Kalau ciri-ciri kasat mata itu agak susah ya. Karena bisa jadi ciri-ciri tertentu dialami seseorang, tapi di sisi lain orang yang memiliki ciri-ciri tersebut ada juga yang justru tidak infertil," kata Binarawan dalam acara Konferensi Pers PERFITRI dan Merck mengenai infertilitas dan bayi tabung di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (7/3).

Walau demikian, beberapa ciri-ciri memang cenderung dimiliki oleh mereka yang mengalami infertilitas. Ciri-ciri ini juga biasanya berbanding lurus dengan gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko mengalami infertilitas.

Berikut beberapa ciri-ciri infertilitas:

1. Gemuk

Terlalu gemuk memiliki risiko mengalami infertilitas yang cukup tinggi. Kata Binarawan hal ini berlaku bagi wanita maupun laki-laki.

"Terutama laki-laki yang perutnya besar buncit, risiko fertilitasnya lebih tinggi," kata dia.

2. Gangguan siklus menstruasi

Menstruasi tidak lancar, bisa mengalami jeda dua hingga tiga bulan atau lebih. Padahal normalnya wanita haid di kisaran 28-35 hari.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending