News

Kawasan Taman Nasional Bali Barat Terbakar

 Selasa, 11 Oktober 2016, 19:36 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Kurang lebih satu hektar kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dilalap si jago merah Senin (2/7) pukul 11.00 Wita. Kebakaran tersebut selain diduga akibat musim kemarau serta angin kencang, api diduga bersumber dari punting rokok yang dibuang oleh warga.

“Penyebab kebakaran masih kita selidiki, apakah dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh warga, atau karena musim kemarau dan angin kencang sehingga terjadi percikan api,” ungkap Seno Pramudita Kepala Seksi Wilayah III TNBB.

Petugas dengan jumlah belasan orang yang dibantu aparat kepolisian KP3 Gilimanuk serta pegawai Kelurahan Gilimanuk berupaya memadamkan api yang begitu cepat menjalar.

Mereka menggunakan alat seadanya dengan menggunakan batang kayu dan dua alat penyemprot air kecil. Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian tanpa dibantu mobil pemadan kebakaran. Luas lahan yang terbakar berkisar satu hektar lebih. Luas hutan TNBB tercatat 15.500 hektar lebih. Tapi, jika ditambah luar perairan (laut), luas keseluruhan TNBB menjadi 19 ribu hektar.

 

Hutan TNBB hampir setiap tahun mengalami kebakaran. Selama ini, selain karena puntung rokok yang dibuang sembarangan, penyebab kebakaran adalah juga karena gesekan kayu-kayu kering. 

Penulis : bbn/jbr

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending