News

Junta Kudeta Niger Tolak Upaya Mediasi dari Blok Afrika Barat

 Kamis, 10 Agustus 2023, 11:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Junta Kudeta Niger Tolak Upaya Mediasi dari Blok Afrika Barat

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Junta militer Niger menolak kehadiran diplomat blok Afrika Barat, ECOWAS, ke negara yang dikudeta tersebut. Langkah pemblokiran akses ini kian menyulitkan upaya mediasi di Niger.

Pernyataan itu tertuang dalam surat yang ditujukan untuk perwakilan ECOWAS di Niamey. Mulanya diplomat dari ECOWAS dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengunjungi Niamey pada Rabu (9/8).

"Konteks kemarahan dan pemberontakan saat ini, di antara penduduk menyusul sanksi yang dijatuhkan ECOWAS, membuat tidak mungkin menyambut delegasi ini dalam ketenangan dan keamanan yang diperlukan," demikian bunyi surat itu, seperti dikutip Anadolu.

Para pemimpin negara anggota ECOWAS dijadwalkan akan kembali menggelar pertemuan di Nigeria pada Kamis. Mereka bakal membahas situasi politik di Niger.

Tak lama usai pemblokiran itu, ketua ECOWAS sekaligus Presiden Nigeria Bola Ahmed Tinubu memerintahkan sanksi baru untuk Niger.

Menurut juru bicara kepresidenan Niger, Ajuri Ngelale, Tinubu akan memberlakukan sanksi melalui bank sentral Nigeria, menargetkan entitas dan individu yang terlibat dalam kudeta.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending