News

Israel Larang Muslim ke Al Aqsa Jelang Ramadan

 Kamis, 22 Februari 2024, 02:32 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Israel Larang Muslim ke Al Aqsa Jelang Ramadan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melarang Muslim mengunjungi Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadan.

Diberitakan Al Jazeera, kantor Netanyahu mengumumkan bahwa pihaknya akan memberlakukan sejumlah pembatasan akses bagi umat Islam yang ingin berkunjung ke Al Aqsa karena alasan keamanan.

"Perdana menteri membuat keputusan yang seimbnag dalam kebutuhan keamanan yang ditentukan oleh para profesional," demikian keterangan kantor PM Netanyahu pada Senin (19/2).

Kantor Netanyahu tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait keputusan ini. Pembatasan ini sendiri akan mulai diberlakukan pada 10 Maret mendatang.

Pemerintah Israel sejak dulu kerap memberlakukan pembatasan akses ke Masjid Al Aqsa, terutama di hari-hari keagamaan seperti Ramadan. Tindakan ini pun acap kali menyebabkan gesekan antara umat Islam dan Yahudi.

Kompleks Al Aqsa adalah situs suci ketiga di dunia bagi umat Islam. Situs ini berdiri di atas bukit di Kota Tua Yerusalem.

Bukan cuma Muslim, Masjid Al Aqsa juga menjadi situs yang dihormati oleh orang-orang Yahudi. Bagi Yahudi, situs ini dikenal sebagai Temple Mount.

Menanggapi rencana pembatasan ini, kelompok kemerdekaan Palestina, Hamas, mengecam langkah PM Israel. Hamas menyebut pembatasan itu ialah bukti nyata kriminalitas Zionis.

"[Pembatasan itu sebagai] kelanjutan kriminalitas Zionis dan perang agama yang dipimpin kelompok pemukim ekstremis dalam pemerintahan pendudukan teroris terhadap rakyat Palestina," demikian menurut Hamas.

Hamas lantas mendesak warga Palestina di Israel, Yerusalem, dan Tepi Barat menolak dan melawan keputusan tersebut.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending