News

Iran Bersiap Pasok Rudal Balistik dan Drone Lagi ke Rusia

 Rabu, 02 November 2022, 06:44 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Iran Bersiap Pasok Rudal Balistik dan Drone Lagi ke Rusia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Iran dikabarkan tengah bersiap mengirim sekitar seribu senjata tambahan, termasuk rudal balistik jarak pendek dan sejumlah drone tempur, ke Rusia membantu negara itu berperang melawan Ukraina. Kabar itu disampaikan seorang pejabat dari negara Barat yang memantau program senjata Iran kepada CNN.

Pengiriman senjata itu disebut sedang dipantau ketat lantaran akan menjadi kali pertama Iran mengirim rudal canggih ke Rusia yang dapat sangat membantu Kremlin di medan perang.

Sebelum ini, Iran sempat memasok senjata, di antaranya 450 drone, yang telah digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina. Setidaknya 300 drone yang dikirim Iran itu telah ditembak jatuh Ukraina.



Pengiriman baru ini sekaligus bakal menandai peningkatan signifikan terkait dukungan Iran terhadap perang Rusia dan Ukraina. Meski begitu, belum diketahui kapan pengiriman rudal itu dilakukan. Para pejabat menduga senjata itu akan dikirimkan sebelum akhir tahun.

Menanggapi kabar ini, Amerika Serikat menentang keras rencana pengiriman senjata oleh Iran ke Rusia. Utusan AS untuk Iran, Rob Malley, mengatakan drone Iran selama ini digunakan untuk menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil.

"Kami tahu bahwa drone itu telah digunakan untuk menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil. Dan kami tahu bahwa Iran, di hadapan semua bukti ini, terus berbohong dan menyangkal bahwa itu terjadi," kata Malley.

Iran diketahui sempat membantah telah memasok Rusia dengan senjata untuk melawan Ukraina. Negara itu mengaku "belum dan tidak akan" mengirim bantuan senjata ke Moskow.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.