News

Haturkan Bebanten Serba Hitam, Suasana Haru Selimuti Keluarga Pemancing yang Hilang

 Kamis, 18 Februari 2021, 13:00 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Suasana haru menyelimuti ritual yang digelar oleh pihak keluarga dalam upaya menemukan keberadaan ketiga pemancing yang hilang di kawasan pesisir Pantai Mimba, Desa Padangbai, Manggis, Karangasem.

Pantauan di lokasi pada Kamis, (18/02/2021), sejak pagi hari pihak keluarga terlihat sudah berada di sekitar lokasi hilangnya ketiga pemancing tersebut. Mereka datang dengan membawa upakara berupa banten dengan sarana serba hitam sesuai dengan petunjuk yang diperoleh saat "mepeluasan" meminta petunjuk kepada orang pintar atau penekun spiritual yang akan dihaturkan di dekat kubangan lokasi peralatan pancing milik ketiganya ditemukan saat pencarian sebelumnya.

"Kami menghaturkam banten ini sesui dengan petunjuk yang kami peroleh saat menempuh jalur niskala terkait upaya pencarian keberadan anak saya dan kedua temannya," kata Nengah Kawit selaku orang tua dari salah satu pemancing tersebut.

Suasana haru mulai terasa ketika lantunan kidung mengiringi Jero Mangku melakukan prosesi muput banten yang didampingi oleh anggota keluarga dari ketiga pemancing yang hilang tersebut. 

Setelah selesai muput bebanten pihak keluarga dipandu oleh jero mangku kemudian melepaskan sarana pekelem berupa bebek berwarna hitam beserta sejumlah banten ke dalam kubangan yang terhubung langsung dengan lautan tersebut.

Saat sarana pekelem dilepaskan, secara bersamaan gambelan baleganjur yang telah dipersiapkan sejak pagi hari juga langsung ditabuh mengiringi doa kerabat dan pihak keluarga agar ketiganya bisa segera ditemukan.

Doa agar ketiganya segera ditemukan juga disampaikan Jero Mangku Nyoman Tamin usai muput banten tersebut. 

"Semoga ketiganya segera ditemukan seperti harapan dari pihak keluarganya masing - masing," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk banten yang dihaturkan berdasarkan petunjuk yang diterima oleh pihak keluarga dimana sebelumnya dikatakan sempat bertanya dan mendapat petunjuk untuk menghaturkan bebanten berupa bantem pekelem, suci selem dengan runtutan ayam sembeleh.

Penulis : bbn/krs







Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending