News

Hasil Sangkep Wariga, Tradisi Bau Nyale Digelar Jelang MotoGP

 Minggu, 09 Januari 2022, 11:55 WITA

beritabali/ist/Hasil Sangkep Wariga, Tradisi Bau Nyale Digelar Jelang MotoGP.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Tradisi menangkap cacing laut atau Bau Nyale masyarakat Sasak Lombok, akan berlangsung menjelang persiapan event balap dunia MotoGP. 

Pada Sangkep Wariga (musyawarah) para tokoh budaya di Kabupaten Lombok Tengah disepakati, tradisi menangkap cacing "jelmaan" Putri Mandalika tersebut dilaksanakan pada 20 sampai 21 Februari 2022. 

Acara puncak Bau Nyale pada Sangkep Wariga ini ditetapkan oleh para tokoh budaya dari berbagai penjuru mata angin. Sangkep Wariga menghadirkan tokoh budaya dan adat tersebut digelar di Desa Wisata Ende Desa Sengkol Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Sabtu (8/1).

 Ketua Majelis Krama Adat Sasak Lombok Tengah, Lalu Suhardi mengatakan, tanggal pelaksanaan Bau Nyale bersamaan dengan 19-20 Rajab 1443 hijriah.  

Dan untuk menentukan puncak Bau Nyale para tokoh mengombinasikan kalender masehi, hijriah hingga kalender Sasak. Pusat Bau Nyale, tetap dilakukan di Pantai Seger Desa Kuta Kecamatan Pujut. Nyale dipercaya masyarakat suku Sasak, jelmaan Putri Mandalika yang arif dan bijaksana.

 Kemunculan Nyale pun menyebar di pantai selatan Lombok Tengah. Tidak di Pantai Seger saja, tetapi juga di Pantai Selong Belanak, Mawun, Mawi dan lainnya.

"Banyaknya tempat bermunculan merupakan simbol keadilan dari Putri Mandalika," ujarnya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending