News

Harimau Serang Ternak Warga Karena Habitatnya Terusik

 Senin, 14 November 2016, 07:00 WITA

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Kambing dan anjing warga di wilayah Selemadeg Barat diserang binatang yang diduga seekor harimau. Hal ini bisa terjadi karena habitat asli binatang buas tersebut sudah terusik oleh aktivitas manusia. 



Binatang buas seperti harimau atau macan keluar hutan dan menyerang ternak warga, ini akibat habitatnya sudah terusik. Terlalu banyak masyarakat yang masuk hutan di wilayah itu (Siong Selemadeg), terlalu banyak aktivitas masyarakat di tengah hutan seperti mengambil bambu atau kayu hutan untuk berbagai keperluan, ujar Kepala Seksi Wilayah I Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, Sumarsono.

Karena habitatnya terusik, binatang buas penghuni hutan di wilayah Selemadeg Tabanan seperti harimau atau macan, kemudian keluar habitatnya untuk mencari makanan atau sumber air.Karena di habitatnya susah mencari makan, maka binatang-binatang itu menyerang ternak warga seperti kambing dan anjing beberapa waktu lalu, jelas Sumarsono.

Menurut Sumarsono, ketersediaan makanan seperti rusa di wilayah hutan Selemadeg Barat, hingga saat ini masih cukup bagi binatang buas pemakan daging seperti macan tutul atau kumbang yang masih hidup di dalam hutan.Jadi kalau habitatnya tidak terusik oleh tingginya aktivitas warga di dalam hutan, maka harimau atau macan yang hidup di dalam hutan akan mengejar rusa atau kijang untuk dimakan, tidak menyerang ternak warga seperti yang terjadi sekarang, ujarnya.

 


Halaman :






Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending