Politik

Golkar Kini Cenderung Dorong RK Maju di Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

 Kamis, 20 Juni 2024, 08:32 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Golkar Kini Cenderung Dorong RK Maju di Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Partai Golkar kini lebih cenderung mendorong Ridwan Kamil untuk maju di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024 dibandingkan bertarung di Jakarta.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan di Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Rabu (19/6).

Mulanya, Doli menyampaikan partai-partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum mengambil keputusan terkait sosok yang didukung mamu di Pilgub Jakarta dan Jabar.

"Ya sebenarnya kan untuk di Jakarta dan di Jabar itu sudah ada pembicaraan di antara ketua umum-ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju bahwa kita akan melihat dulu perkembangan sampai terakhir," ujar Doli.

Doli menyebut waktu pendaftaran pasangan calon di Pilkada 2024, yakni pada 27-29 Agustus 2024 mendatang masih cukup lama. Golkar juga akan melihat beberapa hasil survei lagi sebelum nantinya mengambil keputusan mengusung siapa.

Ia turut menyingung nama RK muncul di bursa calon di Pilgub Jakarta karena Golkar memberikan surat tugas kepada mantan gubernur Jawa Barat itu di Jakarta dan Jawa Barat.

Menurut Doli, surat tugas itu tak hanya bertujuan untuk RK menjalin sosialisasi dan membantu agenda pemenangan Partai Golkar di Pilpres dan Pileg. Namun, surat tugas itu juga bertujuan agar RK memetakan respons masyarakat.

"Nah, kalau kita lihat hasil survei yang sekarang, kita bandingkan antara Ridwan Kamil di Jawa Barat dengan Ridwan Kamil di Jakarta, itu lebih besar peluangnya di Jawa Barat," tegas Doli.

Doli lantas menyoroti kebutuhan daerah dan hubungannya dengan figur tokoh. Hal itu supaya figur yang diberikan benar-benar cocok untuk membawa kemajuan pada daerah tersebut. Ia berpandangan RK telah teruji di Jawa Barat.

Ia menyebut approval rating RK cukup tinggi. Selain itu, Doli mengklaim elektabilitas RK tidak ada yang menandingi atau sangat jauh di atas nama-nama lain.

"Itu artinya bahwa masyarakat Jawa Barat masih menginginkan Ridwan Kamil untuk satu periode berikutnya," kata Doli.

Doli menduga hal itu terkait RK yang dinilai cukup berhasil memimpin Jawa Barat hingga masih ada program ataupun janji kampanye yang belum tuntas sehingga masyarakat Jawa Barat menginginkan RK.

Sementara itu, peluang RK maju Jakarta, kata Doli masih dinilai belum sekuat nama-nama lainnya. Namun, momen RK memasang bilboard on the way ke Jakarta beberapa waktu lalu memang memiliki daya kejut. Elektabilitas RK pun lumayan.

Kendati demikian, Doli menjelaskan nama RK meredup setelah nama-nama lain bermunculan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending