News

Geger Rumor Presiden Xi Jinping Dikudeta Sampai Jadi Tahanan

 Senin, 26 September 2022, 23:07 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Geger Rumor Presiden Xi Jinping Dikudeta Sampai Jadi Tahanan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden China Xi Jinping menjadi topik trending teratas di Twitter selama akhir pekan lalu menyusul laporan dirinya tengah menjadi tahanan rumah usai dikudeta militer Negeri Tirai Bambu.

Xi dan frasa #ChinaCoup menjadi tren di media sosial setelah puluhan ribu pengguna Twitter menyebarkan desas-desus bahwa sang presiden ditahan usai digulingkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China.

Kudeta dilaporkan terjadi pada 22 September lalu setelah sebuah video yang tersebar di Twitter menunjukkan barisan kendaraan militer sepanjang 80 kilometer menuju Ibu Kota Beijing.

Namun, video yang berdurasi kurang dari satu menit itu tidak memperlihatkan jika antrean kendaraan militer memang membentang sejauh 80 kilometer. Tidak ada konfirmasi apa pun soal kapan atau di mana video itu diambil, atau bahwa konvoi militer menuju ke Beijing sebagai bagian dari kudeta.

Rumor yang belum dikonfirmasi oleh sumber resmi ini muncul di tengah hampir tidak ada penerbangan komersial yang terbang dari dan menuju Ibu Kota Beijing pada Sabtu (24/9) lalu.

Seluruh jadwal transportasi publik lainnya seperti kereta api dan bus juga dibatalkan dari Beijing di waktu yang sama.

Situs Bandara Beijing mengumumkan beberapa penerbangan ke ibu kota telah dibatalkan meski masih ada beberapa jadwal penerbangan lainnya yang masih berlangsung. Sejumlah penerbangan juga masih mendarat di Beijing pada Sabtu lalu.

Meski begitu, ada sejumlah laporan yang menuturkan bahwa pembatalan sebagian penerbangan dari dan ke Beijing ini dilakukan karena ada latihan militer.

Desas-desus Xi Jinping dikudeta juga dipicu setelah politikus India, Subramanian Swamy, mentweet soal rumor tersebut pada Sabtu.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending