Banner Image
Banner Image

News

Denpasar

Forum Siwa Budha Kutuk Kekerasan Tibet

 Selasa, 18 Maret 2008, 03:34 WITA

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Puluhan mahasiswa Hindu dan Budha di Denpasar, hari ini Selasa (18/3) menggelar aksi demo solidaritas untuk masyarakat Tibet. Dalam aksinya, para pendemo mengutuk keras aksi kekerasan di Tibet yang dilakukan oleh militer pemerintah Cina. Puluhan mahasiswa yang menggelar aksi damai ini tergabung dalam Forum Kebangkitan Siwa Budha. Mereka menggelar aksi demo di sekitar patung Catur Muka Kota Denpasar.


Dalam aksi demo ini, mereka menggelar aneka spanduk dan poster, yang isinya mendukung perjuangan rakyat Tibet dan mengecam aksi kekerasan oleh pemerintah Cina. Selain itu, para pendemo juga menggelar aksi teatrikal tentang aksi kekerasan yang dilakukan militer Cina terhadap rakyat dan biksu di Tibet. Dalam aksinya ini, pendemo menyampaikan sepuluh pernyataan antara lain mengutuk aksi kekerasan terakhir di Tibet yang telah menewaskan sekitar 100 warga Tibet, mendukung kemerdekaan bagi warga Tibet, dan menuntut pertanggungjawaban pemerintah Cina atas pelanggaran hak asazi manusia di Tibet.

Selain itu pendemo juga meminta kepada pemerintah Indonesia supaya mendesak Cina agar keluar dari Tibet dan ikut menciptakan perdamaian di Tibet. “Kita akan terus dukung upaya damai Dalai Lama dan masyarakat Tibet untuk mencapai kemerdekaannya. Selama ini sudah terjadi genosida (pemusnahan) budaya di Tibet yang dilakukan oleh Pemerintah Cina,” kata Koordinator demo, Nunik Setyoningsih. 

Penulis : bbn/ctg

Editor : Tantri






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending