News

Edukasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Agung, Didanai Jepang

 Jumat, 17 Februari 2023, 02:12 WITA

bbn/kumparan/Edukasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Agung, Didanai Jepang.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Sosialisasi pencegahan dan kesiapsiagaan bencana Gunung Agung dilakukan Tim Peneliti Kegunungapian Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan peneliti Mount Fuji Research Institute, Jepang di Kantor Desa Besakih, Karangasem, Bali ini yang merupakan kegiatan dalam Proyek Astungkara Giri Agung Aman (AGAA).

Proyek AGAA ini mendapatkan dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam skema proyek akar rumput (grass root project) yang akan berlangsung hingga awal 2025," kata Dr rer nat Wiwit Suryanto, MSi, Ahli Geofisika sekaligus Dosen di Fakultas MIPA UGM di Yogyakarta, Rabu (15/2/2023).

Dijelaskan Wiwit, sosialisasi yang dilaksanakan Sabtu (11/2/2023), untuk mempersiapkan masyarakat di sekitar Gunung Agung yang pernah meletus tahun 2017. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun letusan kala itu mengakibatkan kerugian materiil dan pariwisata Bali.

“Hal yang ditekankan adalah pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana erupsi gunung api ditanamkan sejak dini pada siswa Sekolah Dasar melalui pendidikan kebencanaan gunung api dengan pendekatan sains dan teknologi,” kata Wiwit.

Wiwit menambahkan untuk kegiatan mitigasi selama dua tahun ke depan ini, pihaknya melibatkan Mount Fuji Research Institute di Provinsi Yamanashi dan LSM NPO Volcano di Tokyo. Selain itu, juga melibatkan Fakultas Pariwisata Udayana Bali menjadi partner untuk kelangsungan kegiatan. Udayana akan melanjutkan edukasi setelah projek ini berakhir.

“Project selama tiga tahun ini mendapatkan dana hibah sebesar 54 Juta Yen. Dana tersebut akan digunakan untuk mengirim stakeholder dan guru-guru di Bali belajar mitigasi bencana gunung api ke Jepang,” jelasnya.


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending