News

Dubes RI di Argentina Jajaki Kerja Sama Pengolahan dan Pemanfaatan Bambu di Tabanan

 Rabu, 24 Oktober 2018, 02:20 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 
Beritabali.com,Tabanan. Duta Besar RI di Argentina menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam bidang pengolahan dan pemanfaatan bambu serta Pariwisata pertanian. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini terungkap saat kunjungan Duta Besar RI di Buenos Aires Argentina Niniek Kun Naryatie, Selasa (23/10) di ruang kerja Bupati Tabana, Ni Putu Eka Wiryastuti. Bupati Eka mengatakan pertemuan itu akan segera ditindaklanjuti dengan membuat MOu, draf perjanjian, karena bagaimanapun Tabanan ini yang kota kecil diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap Negara untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat khsususnya di bidang pertanian dalam arti luas.
 
“Kami sangat welcome. Kami sangat bangga dan bersyukur kebagian rejeki dapat kerja sama lagi dan ini sangat penting karena kami paham bahwa yang namanya kita membangun itu harus banyak sharing, sharing pengalaman, sharing kesuksesan,  sharing semuanya yang disesuaikan potensi daerahnya masing-masing, “ kata Bupati Eka.
 
Dikatakan Tabanan tidak hanya pertanian saja, Tabanan juga punya hutan lindung bambu dengan produksi bambu yang banyak, termasuk juga olah makanan dari embung bambu. “Tidak itu saja kami juga mengembangkan sektor pariwisata pertanian,” ujarnya.
 
Sementara, Duta Besar RI  di Buenos Aires Argentina, Niniek Kun Naryatie Tabanan mempunyai suatu keunikan dan kekhasan  yang tidak dimiliki daerah lain yaitu bambu. "Bagaimana mengembangkan bambu, memanfatkan bambu semaksimal mungkin, nah ini menjadi perhatian bagi pemerintah Argentina yang ingin mengembangkan bambu,” jelasnya.
 
[pilihan-redaksi2]
Selanjutnya dikatakan hal itu merupakan kesempatan untuk unjuk gigi, bahwa Negara kita mempunyai apa saja, salah satunya bambu itu. Di Argentina mempunyai banyak bambu tapi belum bisa memanfaatkan  secara maksimal. 
 
“Secara tradisional tentu bambu digunakan, tetapi belum seperti kemajuan yang ada di Tabanan, ada furniture, mungkin infrastruktur bentuk rumah, bentuk restoran yang lebih artistik belum ada,” ucapnya.  
 
Bupati Eka juga memperkenalkan dan mempromosikan Desa wisata, Produk-produk  olahan BUMdes. Di akhir acara, Bupati Eka juga memberikan produk–produk olahan Bumdes yang telah dipasarkan oleh BUMda, serta pemberian lukisan tanah lot. (bbn/rlsdps/rob)



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending