News

Dua PNS Malaysia Diadili Karena Jual Gelar Datuk dan Datuk Seri

 Rabu, 28 Desember 2022, 20:35 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Dua PNS Malaysia Diadili Karena Jual Gelar Datuk dan Datuk Seri

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Dua pegawai negeri sipil (PNS) Malaysia diadili dalam sidang di pengadilan hari ini, Rabu (28/12), karena diduga terlibat dalam praktik penjualan gelar kehormatan 'Datuk' dan 'Datuk Seri'.

Kepala Polisi Negara Bagian Datuk Seri Ramli Mohammed Yoosuf mengatakan pegawai negara berusia 36 dan 30 tahun itu bakal dijerat Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Kejahatan Komputer Tahun 1997 (UU 563). Mereka terancam penjara maksimal 7 tahun dan/atau denda maksimal 100 ribu ringgit (setara Rp354 juta).

"Laporan polisi sudah diajukan dan berdasarkan hasil penyelidikan ditemukan bahwa para tersangka diduga memasukkan data relevan ke dalam sistem tanpa izin terlebih dahulu dari atasan mereka maupun telah menyalahgunakan nomor identifikasi yang diberikan kantor," kata Ramli dalam jumpa pers seperti dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama.



Ramli mengatakan para tersangka merupakan staf Kantor Sekretaris Negara (SUK) Pahang. Mereka adalah asisten operasional dan asisten administrasi.

Kedua PNS Malaysia itu diduga bersalah karena mendaftarkan nama 29 orang ke dalam sistem demi mendapat gelar kehormatan tersebut. Aktivitas terlarang itu terbongkar setelah diketahui pegawai SUK Pahang lainnya yang bertanggung jawab terkait urusan tersebut.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Gubernur Bali 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending