Hiburan

Dosen Undiksha Hardiman Gelar Pameran Tunggal di Bandung

 Sabtu, 01 Oktober 2022, 14:03 WITA

beritabali/ist/Dosen Undiksha Hardiman Gelar Pameran Tunggal di Bandung.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Perupa Hardiman kembali akan menggelar pameran tunggal. Pameran bertajuk “Harakat Warna Hardiman” akan dilaksanakan di Griya Seni Popo Iskandar Bandung, 19 Oktober hingga 7 November 2022 mendatang.



Menurut Hardiman, ada 50 lukisan yang akan dipamerkan di Bandung. Lukisan-lukisan tersebut merupakan karya terbarunya yang digarap selama pandemi Covid-19, dalam rentang 2019-2022. 

“Selama pandemi saya berhasil melukis 120 lukisan. Lumayan produktif memang, karena selama pandemi semua dikerjakan di rumah. Ngajar online. Istirahat, lalu melukis,” paparnya, Jumat 30 September 2022.

Dosen Seni Rupa Undiksha yang sudah pensiun ini memilih pameran tunggal agar kelihatan eksisnya. lukisan-lukisannya membicarakan sesuatu yang tidak terkatakan oleh puisinya, teater, grafis, atau seni yang lainnya. 

“Kalau pameran bersama, misalnya berdua, kan berebut jadinya. Lukisan saya mengatakan tentang garis, bidang, warna, dan barik. Unsur visual ini ditumbuhkan sebagaimana fungsi estetisnya masing-masing secara mandiri maupun saling berkaitan satu sama lain. Inilah arah dalam lukisan saya. Intinya, saya mempersoalkan unsur visual ini sebagai hal yang dibicarakan dalam lukisan saya,” katanya. 

Hardiman juga masih konsisten dengan tema burung jalak Bali-nya. Kenapa? Menurutnya, setiap seniman mempunyai obsesi. Seniman selalu punya obsesi terhadap sesuatu atau apa yang dijadikannya sebagai karya seni. 

“Saya terobsesi oleh jalak Bali itu,” ujarnya. 

Dijelaskan, pada mulanya ia tertarik akan jalak Bali. Pada tahun 1980-an, Hardiman terlibat dalam satu penelitian jalak Bali di Pulau Menjangan. 


Halaman :





Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending