News

Dilepasliarkan, Segini Jumlah Populasi Burung Curik Bali di Alam Liar

 Kamis, 10 November 2022, 11:34 WITA

beritabali/ist/Dilepasliarkan, Segini Jumlah Populasi Burung Curik Bali di Alam Liar.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Taman Nasional Bali Barat kembali melepasliarkan Burung Curik Bali bertempat di Kantor TNBB Cekik Kelurahan Gilimanuk Jembrana Rabu (9/11/2022). 



Burung-burung yang dilepasliarkan tersebut berasal dari pengembangbiakan yang dilakukan oleh penangkaran burung oleh masyarakat. Burung curik Bali memang saat ini sedang gencar dikembangbiakkan demi menjaga populasi di alam bebas karena curik Bali ini sangat rentan mengalami kepunahan karena berbagai faktor baik faktor alam maupun perburuan manusia.

"Habitat di taman nasional ini masih mendukung untuk populasi Jalak Bali, namun karena hutan kita sebagian adalah hutan musim, dan tidak ada sumber air, sehingga ketika musim kemarau pasti akan berpindah, bahkan sekarang sudah ke kebun-kebun warga penyanding," papar Kepala Balai TNBB, Agus Ngurah Krisna Kepakisan.

Agus menambahkan, saat ini jumlah populasi burung curik Bali di alam liar hingga bulan november 2022 sebanyak 560 ekor. Jumlah tersebut ada yang berada di luar TNBB seperti perkebunan masyarakat.

Sementara jika dihitung, penambahan atau perkembangan populasi buruk curik Bali setiap tahunnya sebanyak 100 ekor. Pihaknya selalu melakukan pengawasan dan bekerjasama dengan masyarakat untuk selalu menjaga keberadaan burung curik Bali agar tidak punah. 

Selain itu pihaknya juga memfasilitasi perizinan penangkaran sehingga bisa menjadi faktor keberhasilan burung curik Bali tetap terjaga.

Penulis : bbn/maw

Editor : Robby




Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending