Informasi

Pj Bupati Lihadnyana Datangkan KASN

Buleleng Kuatkan Penerapan Sistem Merit dan Manajemen Talenta

 Rabu, 10 Juli 2024, 23:04 WITA

beritabali/ist/Buleleng Kuatkan Penerapan Sistem Merit dan Manajemen Talenta.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan merupakan salah satu komitmen kuat Penjabat (PJ) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dalam melaksanakan tugasnya di Kabupaten Buleleng. 

Salah satu wujud tata kelola pemerintahan yang baik, ialah penerapan sistem merit serta penguatan sistem manajemen talenta. Dalam menguatkan kedua aspek tersebut dalam manajemen ASN di Kabupaten Buleleng, Lihadnyana mendatangkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ke Kabupaten Buleleng untuk melakukan sosialisasi. 

Hal ini, untuk menajamkan pemahaman dan komitmen dari seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Buleleng dalam implementasi sistem merit dan manajemen talenta dalam pengelolaan ASN. 

Kegiatan sosialisasi penguatan sistem merit dan manajemen talenta di Kabupaten Buleleng mendatangkan seluruh pimpinan SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, dilaksanakan di Ruang Rapat Lobi Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Rabu (10/7). Narasumber dalam sosialisasi ini ialah Asisten KASN Pokja Pengawasan Bidang Sistem Merit Wilayah 1 Muhlis Irfan.

Lihadnyana menyampaikan bahwa komitmen akan penguatan implementasi sistem merit dan sistem manajemen talenta dalam manajemen ASN di Kabupaten Buleleng, salah satunya dibuktikan dengan didapatkannya surat pengecualian pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi dengan proses seleksi terbuka. 

Demikian beberapa waktu yang lalu bisa dilakukan mutasi, pergeseran, dan promosi ASN di Kabupaten Buleleng dengan menggunakan sistem manajemen talenta. Penerapan sistem merit dan sistem manajemen talenta ini, juga telah dimuat dalam Peraturan Bupati Buleleng. Kedua aspek dalam manajemen ASN ini, juga merupakan bagian dari target program strategis pemerintah pusat untuk dilakukan dalam seluruh instansi pemerintah. 

"Manajemen talenta adalah untuk mengurangi intervensi politik dalam pengisian jabatan. Kita tahu bahwa ada undang-undang ASN yang baru, bahwa dimungkinkan dari unsur lain masuk dan mengisi jabatan. tapi dengan manajemen talenta paling tidak kita membatasi," tegasnya. 

Dalam implementasi sistem merit dan manajemen talenta di Kabupaten Buleleng, kepada KASN Lihadnyana secara terbuka menyampaikan hal-hal yang perlu perbaikan. Utamanya, dalam hal sosialisasi kepada seluruh perangkat daerah yang masih minim dikerjakan. Demikian dirinya menginstruksikan bahwa setelah kegiatan sosialisasi dari KASN, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk menindak lanjuti segala unsur yang diperlukan. Serta melanjutkan sosialisasi berkelanjutan pada masing-masing perangkat daerah. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending