News

Bukan Gempa, Malapetaka Ini Sedang Ancam 15 Juta Warga Bumi

 Rabu, 08 Februari 2023, 13:12 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Bukan Gempa, Malapetaka Ini Sedang Ancam 15 Juta Warga Bumi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Di tengah rentetan gempa bumi yang terjadi baru-baru ini, muncul malapetaka lain. Gletser di seluruh dunia dilaporkan telah mencair dengan kecepatan yang mengkhawatirkan, dan meninggalkan genangan air yang sangat besar.

Bahaya muncul saat air lelehan mengisi depresi atau cekungan yang ditinggalkan oleh gletser dan membentuk danau glasial. Saat suhu menjadi lebih hangat dan gletser mencair, otomatis air danau naik, sehingga masyarakat yang tinggal di hilir dari gletser akan menghadapi situasi berbahaya.

Pasalnya, jika air danau naik terlalu tinggi atau daratan atau es di sekitarnya runtuh, danau bisa pecah, sehingga dapat mengirimkan air dan puing-puing yang mengalir deras ke pegunungan. Fenomena ini disebut semburan danau glasial.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Communications pada Selasa (7/2/2023), sekitar 15 juta orang di seluruh dunia yang tinggal dalam jarak 30 mil dari danau glasial berada dalam bahaya. Lebih dari setengahnya terkonsentrasi hanya di empat negara, yakni India, Pakistan, Peru, dan Cina.

Ini adalah studi pertama yang melihat secara khusus dampak potensial dari ledakan danau glasial. Tom Robinson, rekan penulis studi dan dosen senior di University of Canterbury di Selandia Baru, mengatakan semburan danau glasial seperti "tsunami daratan" dan membandingkan dampaknya dengan runtuhnya bendungan secara tiba-tiba.

"Bendungan glasial ini tidak berbeda dengan bendungan yang dibangun," kata Robinson.

"Jika Anda mengambil Bendungan Hoover, misalnya, Anda memiliki danau besar di belakangnya, tetapi jika Anda tiba-tiba menghapus Bendungan Hoover, air itu harus pergi ke suatu tempat, dan akan mengalir ke lembah dalam gelombang banjir besar."

Banjir ini bisa terjadi dengan sedikit atau tanpa peringatan. Ledakan danau glasial sebelumnya telah menewaskan ribuan orang dan menghancurkan properti serta infrastruktur penting.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Gubernur Bali 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending