News

Bos Wagner Blak-Blakan Soal Rumor Rencana Kudeta Putin

 Kamis, 01 Juni 2023, 03:03 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Bos Wagner Blak-Blakan Soal Rumor Rencana Kudeta Putin

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, buka suara soal rumor pasukannya berencana mengudeta Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rumor ini beredar kala relasi Wagner dan militer Rusia terus memburuk gegara invasi di Ukraina. Sejak melancarkan invasi, Rusia mengandalkan tentara bayaran Wagner untuk membantu pasukannya di Ukraina.

Belakangan, Prigozhin makin getol membeberkan kelemahan tentara Rusia di medan perang. Ia bahkan tak segan menghina para komandan militer Rusia yang dianggap tak becus menjalankan strategi perang.

Meski begitu, Prigozhin membantah rumor soal rencana kudeta tersebut. Ia bahkan menyebut pasukan Wagner tak cukup kuat untuk memulai pemberontakan. Sebab jumlah pasukannya tak sebesar itu.

Ia juga mengklaim Wagner punya hubungan baik dengan Putin. Ia justru menyiratkan bahwa Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang bisa melakukan kudeta karena memiliki akses ke Pasukan Khusus Rusia, demikian dilaporkan Business Insider.

Dalam pernyataannya di Telegram, Prigozhin menegaskan bahwa ia hanya menginginkan reformasi di Rusia. Ia tak ingin revolusi seperti yang diharapkan banyak pihak.

Komentar Prigozhin ini muncul setelah Igor Girkin, mantan komandan militan separatis di timur Ukraina, menuduh sang bos Wagner memicu kerusuhan.

Girkin mengatakan penghinaan yang dilakukan Prigohin terhadap pejabat tinggi Rusia dalam video yang penuh sumpah serapah menunjukkan bahwa dia berencana merebut kekuasaan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending