News

Berlian Terbesar di Dunia Kembali Ditemukan

 Jumat, 09 Juli 2021, 11:20 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/Berlian Terbesar di Dunia Kembali Ditemukan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Sebuah berlian raksasa kembali ditemukan di Bostwana dan diklaim menjadi batu mulia terbesar ketiga di dunia yang berhasil digali di negara tersebut.

Menyadur ABC News Jumat (9/7/2021), temuan batu berlian sebesar 1.174 karat tersebut diumumkan pada Rabu oleh perusahaan pertambangan bernama Lucara Diamond.

Batu mulia yang diklaim memiliki ukuran setelapak tangan seorang pria, ditemukan pada 12 Juni oleh perusahaan berlian asal Kanada tersebut di tambang berlian Karowe.

Batu tersebut kemudian dipresentasikan ke pemerintah di ibukota Gaborone pada hari Rabu (7/7). "Ini adalah sejarah, bagi kami dan Botswana juga," kata direktur pelaksana Lucara, Naseem Lahri.

Lahri mengklaim bahwa batu berlian tersebut saat ini menempati posisi ketiga di antara berlian terbesar di dunia. "Batu itu adalah permata clivage dengan kualitas bervariasi dengan domain signifikan dari bahan permata putih berkualitas tinggi," jelas Lucara dalam siaran pers dikutip dari CNN.

Temuan terbaru ini mengalahkan batu mulia yang berhasil digali oleh perusahaan berlian Botswana, Debswana, dengan ukuran 1.098 karat pada 1 Juni.

Temuan terbaru tersebut juga memantapkan Botswana sebagai negara dengan temuan batu berlian berukuran besar nomor wahid di dunia. Berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia adalah batu Cullinan dengan ukuran 3.106 karat, di Afrika Selatan pada tahun 1905.

Berlian tersebut kemudian dibelah dan salah satu bagiannya kini terpasang menghiasi mahkota milik Ratu Inggris. Presiden Mokgweetsi Masisi menyambut baik yang ia sebut "momen memukau" dan tingkat penemuan berlian yang semakin meningkat di negaranya.

Masisi juga berjanji akan menjadikan negaranya sebagai salah satu negara di Afrika selatan yang memiliki warisan jangka panjang.(sumber: suara.com)

Penulis : bbn/net




Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.