News

Begini Jalannya Prosesi Upacara Ngaben Salah Satu Korban Pemancing Hilang di Pantai Mimba

 Jumat, 21 Mei 2021, 19:05 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Upacara Ngaben Wayan Abdiana salah satu dari tiga orang pemancing yang hilang di pesisir Pantai Mimba asal Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem berjalan lancar.

Pantauan media ini, prosesi Ngaben dilaksanakan siang ini, Jumat (21/05/2021) yang bertempat di Setra atau kuburan Desa Adat setempat. Disana terlihat sanak keluarga kerabat hingga rekan - rekan Wayan Abdiana hadir dalam upacara tersebut.

Lantunan gambelan angklung mengiringi tahapan demi tahapan upacara Ngaben Wayan Abdiana, mulai dari tahapan upacara di rumahnya hingga upacara Ngaben di kuburan setempat.

"Astungkara, upacara Pengabenan kakak saya sudah berjalan dengan lancar," Kata Kadek Abdiasa selaku adik dari Wayan Abdiana.

Setelah tahapan upacara di Kuburan selesai, rangkaian akhir upacara Pengabenan kemudian dilanjutkan dengan ritual nganyud yang berlangaung di Jembatan Sangsang yang berada diantara Perbatasan Desa Duda Timur dengan Desa Duda.

"Tadi juga sudah dilangsungkan ritual Nganyud, dengan demikian rangkaian upacara pengabenan kakak saya sudah selesai," imbuh Abdiasa.

Penulis : bbn/krs







Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending